Hukum Mengikat Jenggot bagi Laki-laki

  • Whatsapp
Hukum Mengikat Jenggot bagi Laki-laki | Bincang Syariah


BincangSyariah.Com – Saat ini kita sering menjumpai seorang laki-laki yang mengikat jenggotnya. Yang dijadikan alat ikatpun bermacam-macam, ada yang dari karet, tali, dan lain sebagainya. Sebenarnya, bagaimana hukum laki-laki mengikat jenggot dalam Islam?

Read More

Menurut para ulama, mengikat jenggot hukumnya adalah makruh. Begitu juga makruh mengepang jenggot. Dalam Islam, jenggot hanya dianjurkan untuk dirapikan dan dibersihkan, dan dimakruhkan bila diikat atau dikepang, baik di dalam shalat maupun di lauar shalat.

Oleh karena itu, bagi orang yang memiliki jenggot yang panjang, maka hendaknya ia menyisirnya agar terlihat rapi dan bersih. Dan hendaknya dia tidak mengikat atau mengepangnya, baik dengan bahan yang terbuat dari karet atau lainnya.

Kemakruhan mengikat jenggot ini telah ditegaskan oleh Imam Al-Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ berikut;

وَمِمَّا يُكْرَهُ فِي اللِّحْيَةِ عَقْدُهَا فَفِي سُنَنِ أَبِي دَاوُد وَغَيْرِهِ عَنْ رُوَيْفِعٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ بِإِسْنَادٍ جَيِّدٍ قَالَ قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا رُوَيْفِعُ لَعَلَّ الْحَيَاةَ سَتَطُولُ بِك فَأَخْبِرْ النَّاسَ أَنَّهُ مَنْ عَقَدَ لِحْيَتَهُ أَوْ تَقَلَّدَ وَتَرًا أَوْ اسْتَنْجَى بِرَجِيعِ دَابَّةٍ أَوْ عَظْمٍ فَإِنَّ مُحَمَّدًا منه برئ

Di antara yang dimakruhkan dalam jenggot adalah mengikatnya. Disebutkan dalam kitab Sunan Abu Dawud dan lainnya yang bersumber dari Ruwaifi’ dengan jalur sanad yang baik, dia berkata; Rasulullah Saw berkata kepadaku; Wahai Ruwaifi’, boleh jadi engkau akan berumur panjang, maka umumkanlah kepada manusia bahwa barangsiapa yang mengikat jenggotnya atau memasang jimat dari bekas tali busur atau beristinja’ dengan kotoran hewan ataupun tulang, maka sesungguhnya Muhammad itu berlepas diri darinya.

Dalam kitab Nailul Authar, Imam Al-Syaukani menyebutkan beberapa hal yang dimakruhkan berkaitan dengan jenggot. Menurut beliau, di antara hal yang dimakuhkan berkaitan dengan jenggot adalah mengikat atau mengepangnya. Beliau berkata sebagai berikut;

وَالْحَادِيَةَ عَشَرَ: عَقْدُهَا وَضَفْرُهَا

Sebelas (di antara hal-hal yang dimakruhkan) adalah mengikat dan mengepang jenggot.



Sumber

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *