Supaya Makan Sahur Berkah, Jangan Lupa Amalkan Ini –

  • Whatsapp
Islami[dot]co

Makan sahur termasuk bagian dari kesunnahan puasa. Dianjurkan untuk mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka puasa. Supaya makan sahur kita mendapat keberkahan, tidak hanya sekedar mengisi perut kosong, kita perlu mengamalkan aturan makan yang disunnahkan Rasulullah. Di antara sunnah Rasulullah saat makan adalah menyebut nama Allah, atau membaca bismillah, dan makan dengan takan kanan. Hal ini sebagaimana hadis dari Umar bin Abu Salamah bahwa pada waktu itu dia pernah masuk ke rumah Rasulullah, dan ada makanan di rumahnya. Rasulullah bersabda:

Read More

فقال أدن يا بني، فسم الله تعالى، وكل بيمينك

“Kemarilah wahai Umar, bacalah nama Allah (bismillah), dan makan dengan tangan.”

Minimal pada saat makan kita ingat Allah dan menyebut namanya. Kalau tidak, makanan yang dimakan tidak akan berkah dan tidak memberi kebaikan pada diri kita. Dikisahkan dari Abu Ayyub alAnshari, Rasulullah dan para sahabat pernah dihidangkan makanan kepada mereka. Abu Ayyub berkata, “Sebelumnya aku tidak pernah melihat makanan yang paling banyak berkah di awalnya, dan sedikit berkah di akhirnya.” Mereka bertanya kepada Rasulullah, “Kenapa bisa seperti ini wahai Rasulullah.” Rasulullah menjawab, “Kita menyebut nama Allah, bismillah, pada saat makan, sementara ada yang ikut makan bersama kita tapi tidak menyebut nama Allah, sehingga setan ikut makan bersamanya.”

Orang yang tidak membaca bismillah, makanan yang dimakannya kurang berkah, karena setan ikut makan bersamanya. Sehingga, kebaikan dari makanan yang kita makan menjadi berkurang. Karenanya, jangan sampai lupa menyebut nama Allah atau membaca bismillah saat makan. Sebab dalam hadis yang lain, Rasulullah bersabda:

إذا دخل الرجل بيته فذكر الله عند دخوله وعند طعامه قال الشيطان: لا مبيت لكم ولا عشاء

“Apabila seorang masuk rumah dan makan sembari dzikir pada Allah, setan akan berkata: tidak ada tempat tinggal dan makan bagi kalian”

Setan kabur dari rumah yang penghuninya senantiasa berdzikir kepada Allah. Setan pun tidak akan ikut makan, apabila orang yang memakan makanan juga menyebut nama Allah saat makan. Apabila kita lupa menyebut nama Allah saat makan, ketika ingat ucapkanlah: bismillahi awwalahu wa akhirahu.

Sumber Islami.co

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *